Ini 6 Jalur Mandiri UNS 2023 dan Syaratnya

Jalur Mandiri UNS 2023
Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. (KOMPAS.com/Albertus Adit)

Seleksi Mandiri Jalur Prestasi (SMJP)

SMJP adalah jalur mandiri UNS dengan menggunakan prestasi akademik maupun non akademik (bidang penalaran, minat/bakat, keagamaan, dan lainnya).

Seleksi Mandiri Jalur Disabilitas (SMJD)

Bacaan Lainnya

Seleksi Mandiri Jalur Disabilitas (SMJD) diperuntukkan bagi calon mahasiswa disabilitas lulusan SMA/MA/SMK/SMALB atau yang sederajat paling lama 3 tahun terakhir. Selain itu calon mahasiswa juga memiliki kemampuan akademik yang memungkinkan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.

Seleksi Mandiri Jalur Kepemimpinan Muda (SMJKM)

Seleksi Mandiri Jalur Kepemimpinan Muda (SMJKM) bertujuan menjaring calon mahasiswa lulusan SMA/MA/SMK atau sederajat paling lama 3 tahun terakhir yang pernah mengemban tugas sebagai Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan Pramuka minimal satu periode.

SMJKM memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mengasah jiwa kepemimpinan dan meningkatkan kompetensi keilmuannya selama menempuh pendidikan di UNS.

Seleksi Mandiri Jalur Kelas Internasional (SMJKI)

Penerimaan mahasiswa baru program sarjana kelas internasional diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA/SMK atau yang sederajat paling lama 3 tahun terakhir. Program Kelas Internasional dimaksudkan untuk menjaring calon mahasiswa yang ingin mendapatkan pengalaman belajar secara Internasional. Materi perkuliahan disampaikan dalam Bahasa Inggris.

Mengacu pada syarat jalur Mandiri UNS tahun 2022, berikut ketentuan umum untuk mendaftar jalur mandiri UNS:
1. Warga Negara Indonesia.
2. Lulusan SMA/MA/SMK/SMALB atau yang sederajat paling lama 3 tahun terakhir.
3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
4. Mendaftarkan diri sebagai peserta Seleksi Mandiri UNS.

Untuk mengetahui informasi lengkap termasuk jadwal pendaftaran jalur Mandiri UNS 2023, calon mahasiswa bisa memantaunya di laman https://spmb.uns.ac.id/jalur-masuk/jenjang?jenjang=s1.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *