Menanti Perubahan Peta Koalisi Setelah Jokowi Kumpulkan Bos Parpol

Peta Koalisi Setelah Jokowi Kumpulkan Bos Parpol
Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Mardiono (dari kiri ke kanan) berfoto bersama seusai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (2/5/2023).

Untuk diketahui, Golkar sendiri berada di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama Partai Amanat Nasional (PAN) dan PPP. Sedangkan Partai Gerindra berkoalisi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Nasib KIB kini tidak jelas setelah PPP resmi mengusung Ganjar, sedangkan Golkar masih bersikukuh ingin mencalonkan Airlangga sebagai bakal calon presiden.

Sementara itu, PAN juga melempar sinyal bakal mengikuti langkah PPP mengusung Ganjar. Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sebelumnya sempat menyebut bahwa partainya ingin menduetkan Ganjar dengan Menteri BUMN Erick Thohir.

Bacaan Lainnya

Posisi KIB yang sedang di ujung tanduk agaknya menjadi alasan bagi Airlangga untuk menemui sejumlah tokoh partai politik.

Selain Prabowo, Airlangga sempat menemui Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di kediaman SBY di Cikeas, Bogor, Sabtu (29/4/2023).

Ketika itu, AHY tidak menutup pintu bagi Golkar untuk bergabung ke Koalisi Perubahan untuk Persatuan, koalisi yang beranggotakan Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden.

“Apakah kemudian bisa saling bergabung ya tadi, semua sangat mungkin kalau tujuannya baik dan bersama-sama kita ingin melakukan perubahan ingin melakukan perbaikan terhadap situasi negeri ini,” kata AHY.

Selain Demokrat, Golkar juga tampak membangun komunikasi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Pada Rabu (3/5/2023) siang nanti, Airlangga bakal bertemu dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Situasi yang tengah dihadapi PKB sesungguhnya tak jauh beda dengan Golkar di KIB. Masa depan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) yang dibentuk PKB bersama Partai Gerindra menjadi tanda tanya menyusul manuver yang dilakukan Prabowo beberapa waktu belakangan.

Kendati demikian, Prabowo dan Muhaimin sudah bertemu selepas Lebaran dan mereka mengeklaim bahwa KKIR tetap solid.

KIB yang disebut-sebut akan bubar pun mengaku masih solid seusai pertemuan ketua umum tiga partai politik anggota KIB pada pekan lalu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *