Menanti Perubahan Peta Koalisi Setelah Jokowi Kumpulkan Bos Parpol

Peta Koalisi Setelah Jokowi Kumpulkan Bos Parpol
Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Mardiono (dari kiri ke kanan) berfoto bersama seusai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (2/5/2023).

Pertemuan 6 ketum dan Jokowi tak bahas koalisi

Dengan rumitnya peta koalisi saat ini, apakah hal itu menjadi topik pembicaraan antara Jokowi dan para ketum partai politik? Jawabannya tidak, setidaknya itu yang diungkapkan oleh Prabowo dan Airlangga.

Prabowo menyatakan, dalam pertemuan yang berlangsung selama 2,5 jam itu, tidak ada pembicaraan mengenai politik praktis.

Menurut Prabowo, Jokowi hanya berpesan agar partai-partai politik harus tetap rukun dan kompak demi Indonesia.

Bacaan Lainnya

“Saya kira enggak ada (pembahasan politik), secara praktis tidak, tapi titipan besar bahwa kita harus rukun, kita harus kompak, bisa kerja sama demi negara. Intinya itu demi bangsa dan negara,” kata Prabowo.

Ia menyebutkan, dalam pertemuan berbalut silaturahmi Lebaran ini, Jokowi lebih banyak menyampaikan perkembangan terakhir di bidang ekonomi. Senada dengan Prabowo, Airlangga mengatakan, tidak ada pembicaraan soal pembentukan koalisi besar dalam pertemuan antara Jokowi dan para ketua umum.

“Kita tidak bahas spesifik mengenai itu, tapi lebih kepada tantangan-tantangan perekonomian ke depan yang juga sering disampaikan oleh Bapak Presiden terkait juga dengan tantangan middle income trap,” kata Airlangga.

Airlangga juga mengaku tidak ada pembicaraan terkait pemilu pilpres 2024 karena hal itu merupakan masalah masing-masing partai. Pencalonan Ganjar sebagai calon presiden juga ia sebut tidak menjadi topik pembicaraan.

Lantas, sejauh mana pertemuan kemarin bakal mengubah peta koalisi partai politik? Mari kita nantikan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *